Breaking News
Loading...
Selasa, 15 November 2016

Inilah Tingkatan-Tingkatan di Dalam Neraka ,,, Sebarkan |

Neraka merupakan tempat dimana Allah subhanahu wa ta’ala memasukkan orang-orang yang ingkar kepada-Nya ke dalamnya. Mereka disana bakal menjalani siksaan yang mengerikan dikarenakan apa yang telah mereka lakukan di dunia.

Kulit mereka bakal dihanguskan oleh panasnya api neraka. Serta seusai kulit mereka hangus, maka Allah bakal menjadikan kulit mereka semacam semula kembali, untuk kemudian dibakar lagi oleh api neraka. Serta semacam itulah siksaan yang bakal mereka rasakan di dalamnya berulang-ulang. Oleh sebab itu, telah sepatutnya selagi kami tetap nasib di dunia ini mematuhi apa-apa yang diperintahkan Allah serta menjauhi apa-apa yang dilarang oleh Allah subhanahu wa ta’ala dengan semaksimal mungkin dengan andalan supaya dijauhkan dari siksa neraka.

Sumber : google.com


Ketika kami menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang membahas mengenai siksa neraka, jelas bahwa panas api neraka bertingkat-tingkat, serta begitu juga dengan azab alias hukuman yang disiapkan Allah subhanahu wa ta’ala bagi para penghuninya. Jadi, neraka bukan hanya terdiri atas satu tingkat, sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam Al-Qur’an “Sesungguhnya orang-orang yang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah di neraka...” (Qs. An-Nisa’[4]: 145)

Mengenai tingkatan-tingkatan yang tersedia di
surga serta neraka, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

“Dan masing-masing bakal mendapatkan derajat yang selaras dengan amal mereka...” (Qs. Al-An’am[6]: 132)

“Apakah orang yang mengikuti keridhaan Allah sama dengan orang yang kembali mengangkat kemurkaan (yang besar) dari Allah serta tempatnya merupakan jahannam? Serta itulah sekurang baik-kurang baik tempat kembali! (Kedudukan) mereka itu bertingkat-tingkat di segi Allah, serta Allah Maha Menonton apa yang mereka kerjakan.” (Qs. Ali Imran[3]: 162-163)

‘Abd ar-Rahman ibn Zaid ibn Aslam mengatakan, “Tingkatan-tingkatan dalam surga terus meninggi, sementara tingkatan-tingkatan dalam neraka terus merendah.” [1]

Sebagian ulama salaf meriwayatkan bahwa para Muslim yang masuk neraka sebab dosa-dosa mereka bakal ditempatkan pada tingkat pertama, orang-orang Yahudi pada tingkat kedua, orang-orang Kristen pada tingkat ketiga, kaum Sabi’in pada tingkat keempat, kaum Zoroaster pada tingkat kelima, orang-orang Arab musyrik pada tingkat keenam, serta orang-orang munafik pada tingkat ketujuh. Beberapa kitab memberbagi nama-nama yang tak sama terhadap tingkatan-tingkatan di neraka: tingkat pertama disebut jahannam, kedua lazha, ketiga huthamah, keempat sa’ir, kelima saqar, keenam jahim, serta ketujuh hawiyah.

Namun, tak ada dalil bahwa para penghuni neraka terbagi ke dalam tingkatan-tingkatan menurut nama-nama tersebut. Yang benar merupakan bahwa semua nama tersebut—jahannam, lazha, huthamah, serta seterusnya—merupakan nama-nama lain untuk menyebut neraka dengan cara keseluruhan, serta nama-nama tersebut tak ada hubungannya dengan salah satu tingkatan alias tahap dari neraka. Kami juga mengenal bahwa para penghuni neraka bakal ditempatkan di beberapa tingkatan neraka menurut besarnya dosa serta tingkat kekafiran mereka.

Referensi: Al-Asyqar, 'Umar Sulaiman (2001). Surga serta Neraka. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta




Sumber: Lampuislam.org
 
 
 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Tingkatan-Tingkatan di Dalam Neraka ,,, Sebarkan |

0 komentar:

Posting Komentar