Breaking News
Loading...
Selasa, 15 November 2016

Warga Heboh ...!!! Mendengar Tangisan Di Pohon Ini .. Ternyata |

Sebatang pohon sengon (Albizia chinensis) membuat heboh warga Dusun Kalipeh, Desa Plosogede, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, karena mengeluarkan bunyi seperti rintihan orang menangis. 



Kehebohan itu lalu direkam seorang netizen yang mengunggahnya di akun jejaring sosial Facebook. Yang memiliki akun memakai nama Vidha Sibruwetmumet ini tidak menjelaskan detil. Ia hanya mengunggah sekitar delapan foto. 

" Woh saiki menangis meneh (woh sekarang menangis lagi), " tulis Vidha, Sabtu, 12 November 2016. 

Tidak pelak, posting-an tentang keanehan pohon itu mengundang komentar netizen lain. Mereka rata-rata menertawakan dan tidak percaya. 

" India wis nggawe proyek antariksa sik iso mengorbit mars, awake dewe isih gumun wit iso nangis (India sudah bikin proyek antariksa yang bisa mengorbit ke Mars, kita masih masih kaget dengan pohon yang bisa nangis), " komentar Yudhi Indra Pranata. 

Tetapi, Vidha tetap bersikukuh dan meminta siapa pun yang meragukan untuk datang ke kampungnya. Beberapa orang yang sudah melihat dan membuktikan lalu membenarkan apa yang ditulis Vidha. 

" Aku wingi yo wes mrono.. tpi mek kyo suoro kinjeng tangis neng neng jero pohon (Aku kemarin ya sudah kesana, tapi hanya seperti suara serangga 'menangis' didalam pohon), " komentar Kenzi Sifhero. 

Sementara itu, Suwanti, warga Kalikuning Ngluwar menuturkan cerita pohon 'menangis' itu menyebar dari mulut ke mulut. Ia datang dan menunjukkan karena penasaran. Ia bahkan harus mengantre untuk menebus rasa penasarannya itu. 

" Beritanya sudah menyebar, " kata dia kepada Liputan6. com, Senin (14/11/2016). 

penjelasan ilmiah


Fenomena 'pohon menangis' ini sebenarnya bukan hal yang baru. Temuan itu serupa dengan peristiwa yang diteliti peneliti asal Prancis dari Grenoble University. Fenomena itu diberi nama dengan cavitations. 

Cavitations sebenarnya sebuah sinyal kalau sebatang pohon butuh air. Tetapi, suara itu hanya bisa dideteksi oleh mikrofon spesial karena pendengaran manusia tak dapat menjangkaunya seperti yang disebutkan oleh hasil penelitian itu. 

Frekuensi suara yang bisa di tangkap telinga manusia begitu terbatas --sekitar 20 sampai 20. 000 hertz. Karenanya, manusia tak pernah tahu kalau pohon juga bisa keluarkan nada. 

Satu tim yang di pimpin fisikawan Prancis, Philippe Marmottant, dari Grenoble University, sudah bikin rekaman pertama dari pohon yang sedang terengah-engah karena air. Sama dengan manusia yang bersuara waktu mereka menghirup udara, pohon juga bikin suara ultrasonik bermunculan. 

Dari mana suara pada pohon muncul? Pohon mengambil air dari tanah lewat sistem akar mereka. Upaya untuk menarik air dan kelembapan ini dari tanah membuat gelembung udara. 

" Kami bisa mencari artikulasi gelembung, dan apa yang kami temukan yaitu mayoritas suara yang didengar terkait dengan gelembung, " kata Marmottant. 

Para peneliti menggunakan sampel irisan kayu pohon pinus mati yang di beri banyak hidrogel. Kondisinya di buat semirip mungkin seperti pohon hidup. 

Gel tersebut mulai mengering karena dampak lingkungan. Dari sini peneliti dengarkan kayu yang mulai menimbulkan suara. Kebisingan itu berasal dari gelembung udara yang naik lalu menghilang. Sistem berikut yang dimaksud dengan cavitation atau kavitasi.

Sumber: http://regional.liputan6.com/




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Warga Heboh ...!!! Mendengar Tangisan Di Pohon Ini .. Ternyata |

0 komentar:

Posting Komentar